Kata Orang Arif:apabila engkau mendapat wang,belikan emas;jualkan emas itu belikan intan;jualkan intan,belikan manikam;jualkan manikam,belikan ILMU.
(Hikayat Munsyi Abdullah )

Friday, August 7, 2009

PUISI TERAKHIR ALMARHUM BAPAK WS RENDRA


JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah deraan sakitnya, budayawan WS Rendra ternyata masih sempat menciptakan puisi, yang menjadi puisi terakhirnya.


Menurut sumber di keluarganya, pada saat "Si Burung Merak" ini dirawat di RS Mitra Keluarga pada 31 Juli 2009 lalu, ia menciptakan puisi terakhirnya yang bercerita tentang Ketuhanan.

Pada baris akhir puisi yang belum sempat diberi judul itu, Rendra mencantumkan "Tuhan aku cinta pada-Mu."Pada saat itu Rendra hanya menyebutkan lirik-liriknya, sementara sang adik, Adi Kurdi, menuliskan kata-kata yang disebutkan kakaknya itu.
Inilah lirik puisi itu:


Aku lemas

Tapi berdaya

Aku tidak sambat rasa sakit

atau gatal

Aku pengin makan tajin

Aku tidak pernah sesak nafas

Tapi tubuhku tidak memuaskan

untuk punya posisi yang ideal dan wajar

Aku pengin membersihkan tubuhku

dari racun kimiawi
Aku ingin kembali pada jalan alam

Aku ingin meningkatkan pengabdian kepada Allah
Tuhan, aku cinta padamu

No comments: